BPKH Sosialisasi Pengelolaan Dana Haji di Jambi

Untuk pertama kalinya, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) melakukan Sosialisasi Pengelolaan Dana Haji di Provinsi Jambi, Senin (25/11/2019).

“Ini sosialiasi perdana kita di Jambi,” kata Muhammad Akhyar Adnan usai memberikan materi di acara Visiting Lecture & Sosialisasi Pengelolaan Dana Haji, di Aula Fakultas Saintek, Kampus UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Telanai.Anggota Pengurus Badan Pengelola Keuangan, Dr. Muhammad Akhyar Adnan, MBA., Ak mengatakan, salah satu fo­kus dari BPKH adalah bagaimana menggenjot dana pengelolaan yang disetorkan calon jamaah haji untuk kepen­tingan ibadah haji.”BPKH merupakan badan baru yang dilantik Presiden RI Joko Widodo pada Bulan Juli 2017 lalu, dan ini belum banyak masyarakat yang mengetahuinya,” kata Muhammad Akhyar Adnan.Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini juga menjelaskan bahwa, sebelumnya keuangan haji dikelola Kementerian Agama (Kemenag), sekarang dikelola BPKH.Dana yang diserahkan ke BPKH cukup banyak, meski lembaga yang dipercaya mengelola dana ratusan tri­liun rupiah itu masih seumur jagung. Namun, telah memberi se­jum­lah harapan yang jauh lebih baik dari pengelolaan dana haji sebe­lum­nya.

“Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh calon jamaah haji dengan adanya pengelolaan dana haji ini, diantaranya keterbukaan. Kalau sudah menyetor uang Rp 25 juta, calon jamaah nantinya dapat mengetahui kira-kira tinggal menambah berapa,” ungkapnya.Dari investasi akan ada hasilnya, kata Muhammad Akhyar Adnan, hasil itu sebagian akan dikembalikan ke calon jamaah, sebagian untuk biaya operasional dan sebagian untuk kemaslahatan.Acara yang selenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin Jambi ini juga dihadiri oleh Dekan FEBI, Wakil Rektor III dan sejumlah mahasiswa UIN STS Jambi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *