Laporan Tracer Study Program Study Ekonomi Syariah

Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin jambi, tengah berupaya melacak para alumninya lewat program tracer study. Hal itu dilakukan untuk mengetahui outcome pendidikan dalam transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja.

Tracer study bertujuan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai transisi dari pendidikan tinggi ke dunia kerja; relevansi pendidikan tinggi dan perolehan kompetensi; serta kepuasan alumni terhadap institusi pendidikan tinggi. Metode pelacakan berdasarkan Konsep Tracer Study Alumni dari Pusat Pengembangan Ketrampilan Akademik Karier Mahasiswa dan Alumni adalah metode survey dengan menggunakan kuesioner sebagai alat utama dengan aplikasi “ArcGIS Survey123”.

Pada pelacakan lulusan ini meliputi 4 aspek yaitu waktu tunggu lulusan, kesesuaian bidang kerja lulusan, responden pengguna lulusan, dan tingkat kepuasan pengguna.

Berdasarkan dari hasil survei yang dilakukan, Aspek waktu tunggu lulusan terdapat tiga poin yaitu pada rentang kurang dari 6 bulan, rentang 6-18 bulan, dan lebih dari 18 bulan. Waktu tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan paling banyak pada rentang kurang dari 6 bulan sebanyak 78 lulusan , untuk rentang 6-18 bulan sebanyak 54 lulusan, sedangkan untuk rentang lebih dari 18 bulan sebanyak 24 lulusan. Hal ini menunjukkan bahwa para alumni/lulusan Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin jambi mampu bersaing dalam dunia kerja.

Pada aspek kesesuaian bidang kerja lulusan, dibagi menjadi 3 tingkat yaitu kesesuaian bidang kerja lulusan rendah, sedang, dan tinggi. Dari hasil survey yang dilakukan diketahui kesesuaian bidang kerja lulusan masuk dalam kategori sedang. Artinya sampel lulusan mendapatkan pekerjaan sudah cukup sesuai dengan capaian profil lulusan yang sudah ditetapkan.

Prodi Ekonomi Syariah melakukan survey kepuasan pengguna oleh Tim Survey Kepuasan Pengguna Lulusan Fakultas melalui google form yang disebar kepada para pengguna lulusan melalui link. Hasil Penilaian diberikan oleh pengguna lulusan bagi lulusan program studi lulus pada tahun 2017, 2018, dan 2019. Hasil survey yang diperoleh diketahui jumlah responden pengguna lulusan sebanyak 156 alumni dan jumlah tanggapan kepuasan pengguna terlacak berjumlah 130 orang. Data tersebut diperoleh dari jumlah alumni yang bekerja sesuai dengan waktu tunggu lulusan.

Dari hasil analisis kuesioner yang telah diisi oleh responden baik yang dikirimkan melalui surat maupun secara langsung diisi kuesioner melalui link, maka dapat dilakukan analisis terkait dengan persepsi stakeholder terhadap kinerja alumni. Kinerja alumni yang dievaluasi meliputi                            aspek Integritas (Etika dan Moral), Keahlian Berdasarkan Bidang Ilmu (Profesionalisme), Kemampuan Berbahasa Inggris, Penggunaan Teknologi Informasi, Komunikasi, Kerjasama Tim, Pengembangan Diri. Dari hasil survey diperoleh tingkat kepuasan pengguna paling tinggi dengan akumulasi nilai Baik. Dengan rincian keahlian berdasarkan bidang ilmu secara profesionalisme dan Pengembangan Diri sebanyak 58,5%. Diikuti oleh sikap dengan kemampuan Integritas dengan sikap Etika dan Moral, kemampuan komunikasi dan kemampuan Kerjasama tim sebanyak 57%.  Kemampuan penggunaan teknologi Informasi sebanyak 53%. Dan kemampuan berbahasa Inggris sebanyak 25%.

Berdasarkan hasil dan analisis data maka kepuasan pengguna kinerja alumni Prodi Ekonomi Syariah FEBI UIN STS Jambi lulusan 2017 – 2019  dapat disimpulkan bahwa sebagian besar lulusan Prodi Ekonomi Syariah FEBI UIN STS Jambi telah mampu memenuhi kebutuhan Stakeholder dan ada beberapa lulusan yang telah mampu memenuhi kebutuhan stakeholder namun belum secara signifikan yaitu adalah hal kemampuan lulusan dalam berbahasa asing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *