NERACA Series 3: Terampil Posting Buku Besar

Pada hari ini, Selasa 22 Maret 2022 HMPS Akuntansi Syariah melalui Bidang Pendidikan dan Kajian ilmiah melaksanakan NERACA SERIES 3, kegiatan ini dilaunching pada tanggal 24 Januari 2022 oleh Ketua Program Studi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Ibu Mellya Embun Baining S.E., M.E.I disaksikan langsung oleh Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Bapak Dr. Sucipto, M.A. NERACA sendiri merupakan salah satu program kerja dari HMPS Akuntansi Syariah terpilih 2021/2022 melalui Bidang Pendidikan dan Kajian Ilmiah.

NERACA (NElaah RACikan Akuntansi) Series 3 dilaksanakan melalui Zoom Meeting oleh HMPS Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Kegiatan  ini dihadiri lebih dari 110 peserta serta acara pembukaan berjalan dengan khidmat dan lancar.

Acara hari ini dihadiri oleh  Sekretaris Program Studi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Erwin Saputra Siregar S.E.I,. M.E dan pemateri Achyat Budianto, S.E., M.E., CAAT selaku Dosen Tetap Program Studi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Kata sambutan Kaprodi Akuntansi Syariah kali ini diwakilkan oleh Sekprodi Akuntansi Syariah Erwin Saputra Siregar S.E.I,. M.E karena beliau berhalangan hadir. Sekprodi Akuntansi Syariah menyampaikan bahwa bagi mahasiswa Program Studi Akuntansi lulus dan menyandang status Sarjana Akuntansi maka harus terampil dalam bidang Akuntansi secara teknis dan aplikasi. Program Studi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menginisiasi kegiatan ini “NERACA” (NElaah RACikan Akuntansi) untuk memberikan pengetahuan tambahan di luar kelas dengan harapan seluruh Mahasiswa/i Program Studi Akuntansi bisa dan terampil pada bidang akuntansi secara teknis dan aplikasi, terutama nanti setelah lulus dan memasuki dunia kerja, ujar Sekprodi Akuntansi Syariah Bapak Erwin Saputra Siregar S.E.I., M.E.

Materi yang disampaikan oleh Bapak Achyat Budianto, S.E., M.E., CAAT membahas tentang “Terampil Posting Buku Besar’’. Bapak Achyat dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa,

Buku besar adalah kumpulan akun-akun yang saling berhubungan dan satu kesatuan yang disusun atau dikelompokkan sesuai dengan  posting laporan keuangan perusahaan.

Jadi, transaksi yang sudah kita jurnal selanjutnya akan kita posting ke buku besar, sesuai dengan akun-akunnya untuk nanti diposting atau pindah ke neraca saldo.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin HMPS Akuntansi Syariah dan diawasi langsung oleh Kaprodi dan Sekprodi. NERACA bertujuan agar mahasiswa Akuntansi Syariah dapat menambah ilmu pengetahuan selain di dalam perkuliahan. NERACA juga dapat menjadi kelompok belajar bagi Mahasiswa dan Dosen Akuntansi Syariah, membahas seputar materi Akuntansi  serta Tanya jawab dan diskusi ringan. Selain Mahasiswa Program Studi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, kegiatan ini juga dihadiri oleh Mahasiswa Akuntansi dari berbagai Perguruan Tinggi di Provinsi Jambi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *